Sabtu, 22 Juni 2013

GUBERNUR RIAU TEDAKWA KORUPSI


Rusli Zainal Dinonaktifkan Jika Terdakwa
Sabtu, 22 Juni 2013 - 10:12:39 WIB
Pekan Baru. "kba.GALAK NEWS"


(SH/Don Peter)
Gamawan Fawzi.
Menurut UU, jika gubernur nonaktif, wakil gubernur otomatis melaksanakan tugas gubernur.

PEKANBARU - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menegaskan tugas Gubernur Riau Rusli Zainal akan diambilalih oleh Wakil Gubernur Riau Mambang Mit jika Rusli jadi terdakwa.

"Undang-Undang mengatakan kalau gubernur non aktif, maka secara otomatis wakil gubernur yang akan melaksanakan peran dan tugas-tugas gubernur," kata Gamawan, saat melihat kondisi kabut asap Riau, di Pekanbaru, Sabtu (22/6).

Apabila Wagub Riau maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada), lanjut Mendagri, yang bersangkutan hanya cukup mengajukan permohonan cuti kampanye pilkada. Selama mengikuti kampanye, roda pemerintahan akan diserahkan kepada Pelaksana Tugas (Plt).

"Kami bisa menunjuk sekretaris daerah atau siapa saja nanti yang akan dipilih menjadi Plt," ucap Gamawan.

Jika ternyata pilkada yang diikuti Wagub Riau berlarut-larut hingga masa jabatannya habis, Mambang Mit tidak bisa lagi melaksanakan tugas-tugas menggantikan gubernur.

"Selanjutnya Mendagri akan menunjuk pimpinan sementara roda pemerintahan, sampai dilantiknya gubernur dan wakil gubernur baru terpilih," kata dia.

Masa jabatan gubernur dan wakil gubernur Riau periode 2008-2013 berakhir pada 21 November 2013.

Beberapa waktu silam, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Gubernur Riau Rusli Zainal dalam kasus korupsi terkait penyelenggaraan PON dan izin pengelolaan hutan di Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan.

Sedangkan,  Wagub Riau Mambang Mit telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Riau sebagai bakal calon wakil gubernur Riau periode 2013-2018 berpasangan dengan Jon Erizal yang diusung Partai Amanat Nasional dan Partai Keadilan Sejahtera.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2013-2018 akan dilangsungkan pada tanggal 4 September 2013. Ada tujuh tujuh pasangan bakal calon yang siap bertarung.
Sumber : Ant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar